KUNJUNGI SALAH SATU LINK DIBAWAH INI SBG DONASI DARI ANDA UTK MEMBUAT BLOG INI LEBIH BAIK

Sunday, April 25, 2010

Ritual Aneh di Dunia " The Self-Immolation " Pengorbanan Bakar Diri


Pada tanggal 11 juni 1963, seorang biksu Buddha yg bernama Thich Quang Duc, membakar dirinya sendiri di sebuah persimpangan padat pusat kota Saigon, Vietnam saksi-saksi ditempat pd peristiwa itu menuturkan, bahwa biksu Thich Quang Duc bersama beberapa biksu lainnya sampai ke lokasi dengan mengendarai sebuah mobil. Thich Quang Duc keluar dari mobil tsbt dan langsung mengambil posisi lotus tradisional di tengah jalanan yg ramai tersebut dan rekan2 sesama biksu membantu dia meniramkan bensin ke sekujurtubuhnya sendiri.

Dia menyalakan api dengan korek api dan langsung membakar seluruh tubuhnya dalam beberapa menit. Yang buat gw angkat jempol( saluutt!) saksi2 menambahkan.. dr awal api membakar tubuh Thich Quang Duc, sampai dia detik2 terakir dia meninggal dengan tubuh yg hangus terbakar, dy sama skali tidak bergerak,not even a muscle!Dan tak ada suara apapun yg keluar dr mulut biksu tersebut,ketenangan yang diperlihatkan biksu Thich Quang Duc, membuat perbedaan yg mencolok dengan kegaduhan dan ratapan orang-orang yg melihat langsung disekitarnya..

Foto-foto kejadian:



kejadian ini di abadikan oleh David Halberstam, seorang reporter New York Times kebetulan berada di dekat lokasi kejadian.David berada di vietnam utk meliputi perang di negara tersebut, dan foto dbawah ini menjadi salah satu dr world famous pictures.tetapi sesungguhnya, biksu Thich Quang Duc melakukan hal yg dikenal dengan istilah The Self-Immolation (pengorbanan diri sendiri) adalah untuk menunjukkan sikap protes menuntut kesamaan hak bagi para penganut ajaran Buddha dengan rezim Diem. sebelumnya para biksu2 di Vietnam sering melakukan protes atas tindakan kaum2 mayoritas yg menghambat sampai dengan segala usaha pembantaian yg dilakukan pihak2 tertentu terhadap para penganut ajaran Buddha. Mereaka jg menuntut keadilan ditegakkan atas pihak2 yg bertanggungjawab melakukan kejahatan manusia.Namun semua bentuk protes para biksu2 ini tidak memperoleh tanggapan dr rezim Deim sehingga puncaknya, biksu Thich Quang Duc melakukan aksi pengorbanan diri nya sendiri.

setelah kematiannya, biksu ini di kremasi dan menurut legenda, pada saat dkremasi, hati dr biksu Thich Quang Duc tidak terbakar seperti anggota tubuh lainnya yg telah menjadi abu.. akhirnya hati dr almarhum biksu tersebut dianggap suci dan disimpan sampai skrg di Buddhist Temple.

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 Comments:

Post a Comment

 
 

TheUnik Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha