KUNJUNGI SALAH SATU LINK DIBAWAH INI SBG DONASI DARI ANDA UTK MEMBUAT BLOG INI LEBIH BAIK

Wednesday, July 28, 2010

Proses Pembentukan sarang Semut


Semut merupakan salah satu makhluk dengan sejuta misteri dan memiliki banyak nilai yg bisa kita contoh dalam bermasyarakat.





sekilas tentang semut:

Tubuh semut terdiri atas tiga bagian, yaitu kepala, mesosoma (dada), dan metasoma (perut). Tubuh semut memiliki eksoskeleton atau kerangka luar yang memberikan perlindungan dan juga sebagai tempat menempelnya otot.

Pada kepala semut terdapat banyak organ sensor. Semut memiliki mata majemuk yang terdiri dari kumpulan lensa mata yang lebih kecil dan tergabung untuk mendeteksi gerakan dengan sangat baik.

Pada kepalanya juga terdapat sepasang antena yang membantu semut mendeteksi rangsangan kimiawi. Antena semut juga digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dan mendeteksi feromon yang dikeluarkan oleh semut lain. Selain itu, antena semut juga berguna sebagai alat peraba untuk mendeteksi segala sesuatu yang berada di depannya.



Kadang kita berfikir bagaimana cara melihat sarang semut yg ada d dalam tanah, berbagai cara mulai berkembang dengan menggunakan micro camera sampai teknik scanning.

NASA tidak mau ketinggalan , mereka mengadakan percobaan dengan menempatkan koloni semut d dalam gel padat transparan, untuk mengetahui secara visual proses pembentukan sarang semut. Gel ini merupakan mengandung nutrisi sebagai bahan makanan para semut.



akuarium yg berisi gel (nutrisi) untuk para semut.

fakta Pertama:

Semut terbagi atas lebih dari 12.000 kelompok, dengan perbandingan jumlah yang besar di kawasan tropis. Semut dikenal dengan koloni dan sarang-sarangnya yang teratur, yang terkadang terdiri dari ribuan semut per koloni.



Terowongan semut transparan

Fakta Ke 2
Kebanyakan semut umumnya memiliki penglihatan yang buruk, bahkan beberapa jenis dari mereka buta. Namun, beberapa spesies semut, semisal semut bulldog Australia, memiliki penglihatan yang baik.




semut ini diketahui pernah membunuh manusia. Serangga ini merupakan jenis yang paling primitif dari semua semut dan sangat agresif. Panjangnya sekitar 1 inchi dan dapat tumbuh hingga 2 inchi pada beberapa kasus. Sesuai namanya, semut ini hanya ditemukan di Australia dan gerakannya sangat cepat.


miraculous gel

Fakta Ke 3

Jenis semut dibagi menjadi semut pekerja, semut pejantan, dan ratu semut. Satu koloni dapat menguasai dan memakai sebuah daerah luas untuk mendukung kegiatan mereka. Koloni semut kadangkala disebut superorganisme dikarenakan koloni-koloni mereka yang membentuk sebuah kesatuan.



pembuatan terowongan sarang semut

Fakta Ke 4
Kehidupan seekor semut dimulai dari sebuah telur. Jika telur telah dibuahi, semut yang ditetaskan betina (diploid ); jika tidak jantan (haploid). Semut termasuk holometabolism , yaitu tumbuh melalui metamorfosa yang lengkap, melewati tahap larva dan pupa sebelum mereka menjadi dewasa.





makan gel sekaligus buat terowongan
Fakta 5

Semut peluru? Ya, bahasa Inggrisnya adalah Bullet Ants. Panjangnya sekitar 18-25 mm, dan mereka mirip bgt ama lebah yg ga bersayap. sakit yg ditimbulkannya bisa bertahan sampe 24 jam.



Sebuah suku yg disebut Satere-Mawe di Brazil menggunakan semut ini untuk ritual 'pendewasaan'. Laki2 yg dianggap akan memasuki usia dewasa, diwajibkan melakukan ritual ini. Jadi pertama2 mereka menangkap semut2 ini, terus dimasukin ke sebuah sarung tangan. Lalu, laki2 yg diritualkan harus masukin tangannya ke dalem sarung tangan itu dan harus menahan sakitnya tanpa berteriak. Mau tau berapa lama mereka harus masukin tangannya? Sepuluh menit!




Beberapa Semut Saling Menyilang Membentuk Sarang

Fakta Ke 6
Sebagai makhluk sosial, semut sangat peka terhadap lingkungannya, seperti saat menemukan salah satu anggota koloninya yang tewas. Begitu ada satu ekor semut yang mati, semut-semut lainnya langsung segera menyingkirkannya atau disebut proses nekroporesis.

Cara tersebut bermanfaat bagi populasinya karena dapat menghindarkan penyebaran infeksi penyakit.



sarang semut
Fakta Ke 7metode komunikasi antar semut lebih ditekankan pada sinyal-sinyal kimia. Komunikasi ini menyertakan ketukan, suara mirip mengerik, usapan, menggenggam, sentuhan, rabaan, dan mengeluarkan senyawa kimia, disamping aktivitas-aktivitas seperti pertukaran telur-telur khusus dan sekresi anal. Apabila dalam perjalanan nya terlihat saling bersalaman, sebenarnya merupakan usaha untuk mempertinggi efek-efek senyawa kimia yang digunakan untuk berkomunikasi.



Sarang Semut

Fakta Ke 8
Semut mempunyai 500.000 sel saraf yang termuat dalam 2 atau 3 milimeter tubuh mereka.

Semut Kongkiak, Bila Digigitnya Kulit Bisa Melepuh Parah.







Semut

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 Comments:

Post a Comment

 
 

TheUnik Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha