KUNJUNGI SALAH SATU LINK DIBAWAH INI SBG DONASI DARI ANDA UTK MEMBUAT BLOG INI LEBIH BAIK

Thursday, July 1, 2010

10 Foto Objek Antariksa dari ESO


1. The hidden fires of the Flame Nebula

ESO/J. Emerson/VISTA. Acknowledgment: Cambridge Astronomical Survey Unit
Foto yang pertama kali dirilis oleh VISTA, menunjukkan area pembentukan bintang yang spektakuler yang diketahui bernama Flame Nebula atau NGC 2024 yang terletak di konstelasi Orion (the Hunter)

2. Portrait of a Dramatic Stellar Crib

ESO
Gambar dari Tarantula Nebula yang bisa kita lihat di tengah-atas gambar. Kita bisa melihat beberapa Nebula berwarna merah dengan kumpulan (cluster) bintang muda yang berada di kiri-bawah gambar yang diketahui dengan nama NGC 2100

3. Glowing Stellar Nurseries

ESO/APEX/DSS2/ SuperCosmos/ Deharveng(LAM)/ Zavagno(LAM)
Komposisi warna yang menarik dari RCW120, yang menunjukkan gelembung ionis gas yang sedang mengembang. Berada pada jarak 10 tahun cahaya.

4. The Helix Nebula

ESO
Gambar dari Helix Nebula atau NGC 7293 yang diambil dengan menggunakan Wide Field Imager (WFI), sebuah kamera astronomikal di La Silla Observatory di Chile. Cahaya berwarna biru kehijau-hijaua yang berada di tengah Nebula ini terbentuk dari atom oksigen yang terkena efek radiasi sinar ultraviolet dari bintang pusat dengan temperatur 120.000 derajat celcius.

5. VISTA's infrared view of the Orion Nebula

ESO/J. Emerson/VISTA. Acknowledgment: Cambridge Astronomical Survey Unit
Gambar dari Orion Nebula (Messier 42) yang berjarak sekitar 1350 tahun cahaya dari Bumi, yang diambil oleh VISTA. Penglihatan infrared yang dimiliki VISTA dapat menangkap objek yang normalnya akan tidak akan terlihat oleh kamera biasa (tersembunyi dibalk debu-debu angkasa).

6. The Globular Cluster Omega Centauri

ESO
Berisi 10 juta bintang, tertangkap oleh WFI. Sayang, gambar ini hanya memperlihatkan bagian tengah cluster.

7. Fine Shades of a Sombrero

ESO
Gambar dari galaksi spiral yang terkenal, Messier 104, yang dikenal juga dengan sebutan Sombrero (topi khas Meksiko) karena bentuknya. Galaksi Sombrero ini terletak di konstelasi Virgo (the Virgin), yang berjarak sekitar 50 juta tahun cahaya.

8. 370-million-pixel starscape of the Lagoon Nebula

ESO
Gambar ketiga dari proyek GigaGalaxy Zoom milik ESO adalah gambar ini, Lagoon Nebula, yang diambil oleh 67 juta pixel WFI.

9. NGC 2264 and the Christmas Tree cluster

ESO
Dikenal dengan nama NGC 2264. Sebuah area di langit yang dihiasi dengan bauble (semacam hiasan yang dipasang di pohon natal) berwarna biru yang bercahaya yang berada di cluster bintang Christmas Tree dan Cone Nebula. Foto diambil menggunakan 4 filter yang berbeda (B, V, R, dan H-alpha) oleh WFI. Terletak

10. The Center of the Milky Way

ESO/S. Gillessen et al.
Bagian pusat dari galaksi kita, Bima Sakti, yang telah diobservasi oleh instrumen NACO di Very Large Telescope (VLT) milik ESO. Setelah mengikuti pergerakan dari bintang pusatnya selama lebih dari 16 tahun, para astronom telah dapat menentukan massa dari Supermassive Black Hole yang tersembunyi disana, di pusat galaksi.

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 Comments:

Post a Comment

 
 

TheUnik Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha