KUNJUNGI SALAH SATU LINK DIBAWAH INI SBG DONASI DARI ANDA UTK MEMBUAT BLOG INI LEBIH BAIK

Wednesday, February 3, 2010

Inilah Para Atlit Terkuat dalam Lapangan dan Bisnis


Apa yang dimaksud sebagai kekuatan? Dalam olah raga kekuatan biasanya diartikan sebagai otot dan fisik yang prima. Akan tetapai arti kekuataan di dalam olah raga saat ini sudah berkembang dengan jauh. Kekuatan saat ini juga berarti kemampuan untuk menghasilkan uang bagi seorang atlit. Seorang atilit dikatakan kuat jika ia juga dapat mengangkat nama agen, klub, atau merek-merek yang diwakili olehnya. (02/02)

Dengan jumlah uang miliaran yang dikeluarkan untuk membeli kemampuan seorang atilit, klub maupun agen biasanya akan mengharapkan bahwa atlit tersebut bukan hanya memiliki kemampuan untuk memenangkan pertandingan. Lebih dari itu atlit diharapkan mampu bersikap dan perilaku seperti yang diharapkan oleh fans sehingga mampu menjadi duta bagi klub ataupun perusahaan yang merupakan sponsornya. Dari berbagai cabang olah raga para atilit, baik pendatang baru maupun yang sudah lama bertahan bersaing untuk menjadi yang paling kuat di tahun 2010 ini. Siapa saja di antara mereka yang beruntung menjadi bintang yang dipuja?

Dominasi Tiger Woods



Meskipun di akhir tahun 2009 lalu pria ini mengundang kontroversi dalam kala global, Tiger Woods masih dianggap sebagai atlit paling kuat di tahun 2009 lalu. Di samping kehidupan pribadinya yang berantakan, tidak ada yang dapat menyangkal bahwa Tiger Wood merupakan atlit golf terhebat di masa ini, yang sekaligus juga mesin uang bagi para sponor, manager, agen, dan penyelenggara turnamen. Pegolf beruia 34 tahun ini telah memecahkan rekor di lapangan dan mencatatkan kerja sama dengan berbagai perusahaan mulai dri Accenture, American Express, Nike, dan Gillette. Pendapatannya di tahun 2009 lalu mencapai angka 92 juta dolar. Sebelum kejatuhannya yang dramatis Tiger Woods diperkirakan dapat menjadi atlit pertama yang menghasilkan 1 miliar dolar dalam karirnya.

Pertanyaannya untuk saat ini adalah apakah Wood akan tetap dapat bertahan di puncak setelah gossip uruk mengenai kehidupan pribadinya mempengaruhi para ponsornya. Tercatat bahwa beberapa ponsor utama Woods memilih untuk mengundurkan kerja sama mereka. Tiger Woods sendiri dikabarkan telah memutuskan untuk mengambil cuti dalam jangka waktu tidak terbatas dari dunia golf. Popularitasnya sebagai atlit juga terus menurun sejak beredarnya gossip tersebut. Apa yang menjadi mimpi indah bagi jurnalis gossip telah menjadi mimpi buruk bagi marketing olah raga.

Memasangkan Image dengan Produk
Atlit merupakan sselebriti yang ideal. Menurut Phil de Picciotto, presiden atlit dan kepribadian di marketing olah raga Octagon, musisi ddan actor hanya memperoleh sorotan ketika mereka merilis album atau film baru. Akan tetapi atlit memiliki waktu sepanjang musim yang menempatkan mereka dalam sorotan. Atlit juga dipandang sebagai sosok yang memiliki daya tarik kepada lapisan masyarakat yang lebih beragam, tidak tterbatas kepada wilayah, jenis kelamin, usia, atau tingkat pendapatan.

Meskipun demikian ada lebih dari peringkat penerimaan yang harus dipertimbangkan dalam memilih atlit yang tepat untuk menjadi duta dari sebuah merek. Personifikasi public yang dimiliki oleh sang atlit harus tepat bagi image yang diinginkan oleh perusahaan untuk sebuah produk, dan konsumen harus dapat membayangkan bahwa sang atlit adalah juga pengguna dari produk yang mereka iklankan. Bagi konsumen, persepsi merupakan sebuah kenyataan. Karena itulan quarterback Brett Favre menjadi duta iklan Wrangler jeans, sementara bintang sepak bola flamboyant David Beckham menjadi duta untuk Armani (yang terakhir saat ini dialihkan kepada Cristiano Ronaldo).

Menurut SportsBusiness Journal, setiap tahun pengeluaran biaya untuk iklan yang melibatkan atlit mencapai angka 897 juta dolar. Selain Tiger Woods, lima teratas juga ditempati oleh pebasket LeBron James, pegolf Phil Mickelson, pemain baseball Albert Pujols, dan quarterback Peyton Manning.

sumber : Vibiznews.com

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 Comments:

Post a Comment

 
 

TheUnik Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha